Sabtu, 02 November 2013

New Media, Advertising dan Desain Produk

Pengertian New Media
New Media adalah istilah yang luas yang muncul di bagian akhir abad 20 untuk mencakup peleburan media tradisional seperti film, gambar, musik, lisan dan tertulis kata, dengan kekuatan interaktif dari komputer dan teknologi komunikasi, komputer memungkinkan konsumen perangkat dan yang paling penting Internet. media Baru menyodorkan kemungkinan-permintaan akses ke konten kapan saja, di mana saja, pada setiap perangkat digital, serta masukan dari pengguna yang interaktif, kreatif dan pembentukan partisipasi masyarakat di sekitar konten media. Apa yang membedakan media baru dari media tradisional bukan digitalisasi konten media ke bit, kecuali kehidupan dinamis dari konten baru “media” dan hubungan interaktif dengan konsumen media. Hidup ini dinamis, bergerak, bernafas dan berdenyut mengalir dengan kegembiraan secara real time.

Pandangan New Media
New Media merupakan perkembangan baru dari media-media yang telah digunakan manusia. Karakternya yang merupakan bentuk digital tentu memudahkan dalam bertukar informasi dan berbagai kegiatan lainnya. Namun dalam perkembangannya, New Media bisa memberikan nilai negatif juga, yaitu dapat mengakses situs yang berbau porno dan kekerasan dengan mudah dan memberikan efek ketagihan bagi penggunanya. Jadi sudah seharusnya perkembangan New Media diikuti juga dengan kebijakan orang yang memanfaatkannya.

Manfaat New Media
New Media memiliki beberapa manfaat sebagai berikut:
  • Arus informasi yang dapat dengan mudah dan cepat diakses dimana saja dan kapan saja.
  • Sebagai Media transaksi jual beli
  • Sebagai media hiburan contohnya game online, jejaring social, streaming video, dll
  • Sebagai media komunikasi yang efisien. Kita dapat berkomunikasi dengan orang yang berada jauh sekalipun, bahkan bertatap muka dengan video conference.
  • Sarana pendidikan dengan adanya buku digital yang mudah dan praktis.

Komponen New Media
  • Internet & Web
  • Personal Komputer (PC) / Notebook
  • DVDs (Digital Versatile Disc or Digital Video Disc)
  • VCDs (Compact Discs)
  • Portable Media Player.
  • Mobile Phone.
  • Video Game/ Game Computer.
  • Virtual Reality.

Aplikasi New Media
Beberapa contoh aplikasi didalam internet yang mengembangkan new media, yaitu:
Google, Altavista, Yahoo dan website sejenisnya yang merupakan aplikasi pencarian sejumlah kata yang terdapat didalam website untuk mencari berita.
CNN, BBC, Detik, Okezone dan berbagai website sejenisnya yang dibuat untuk memberikan berita secara cepat sebagai pengganti koran/majalah.
Youtube, seleb.tv, metacafe dan website sejenisnya yang menyediakan layanan membagikan video atau menampilkannya sebagai sarana hiburan dan berita secara audio visual.
Twitter, Facebook, Friendster dan website sejenisnya yang menyediakan layanan mini blog dan social network sebagai sarana komunikasi langsung yang sengaja dibagikan kepata publik.
BSE, e-dukasi.net, ilmukomputer,com yang menyediakan layanan pendidikan secara online berupa pembahasan-pembahasan materi pendidikan dan ada yang menyediakan buku elektronik (e-book).

Advertising 
Advertising adalah Periklanan yang mengekspresikan peluang untuk mendramatisasi perusahaan dan produknya melalui penggunaan cetakan dan warna yang penuh seni. Advertising adalah medium yang berdaya sebar luas yang memung­kinkan penjual mengulang pesan berkali-kali. 
Advertising harus mampu menjawab empat pertanyaan dalam lima tahap penyusunan rencananya, yaitu:
Apa yang sebenarnya hendak dicapai? Adakah tujuan sesungguhnya dari iklan itu untuk mencapai target penjualan tertentu.
·         Kapan tujuan tersebut akan dicapai? Berapa lama?
·         Apa strategi yang paling cocok untuk mencapai tujuan tersebut?
·         Taktik apa yang paling tepat untuk melaksanakannya? Apa gagasan kreatifnya.
Dalam melakukan periklanan / promosi diketahui ada beberapa karakteristik didalamnya, yakni:
  • Suatu bentuk komunikasi yang berbayar.
  • Nonpersonal komunikasi.
  • Menggunakan media massa sebagai massifikasi pesan.
  • Menggunakan sponsor yang teridentifikasi
  • Bersifat mempersuasi khalayak.
Memiliki tujuan untuk meraih audiens sebanyak-banyaknya.
- Tujuan utama dari kegiatan periklanan adalah:
Menyadarkan komunikan dan memberi informasi tentang suatu barang, Jasa atau ide.
Menimbulkan dalam diri komunikan suatu peran suka akan barang, jasa ataupun ide yang disajikan, dengan memberikan preferensi kepadanya.
Menyakinkan komunikan akan kebenaran tentang apa yang dianjurkan dalam iklan dan karenanya menggerakkannya untuk berusaha memiliki atau menggunakan barang atau jasa yang dianjurkan. 
Untuk itu kita akan mencontohkan sebuah advertising dimana kelompok kita akan membuat sebuah iklan penjualan gelang handmade. Pada postingan ini kita akan menguraikan produk ini, untuk postingan selanjutnya baru brosur yang kita buat untuk mempromosikannya, dan postingan terakhir akan memuat iklan dari produk tersebut.
  
 Cat BULUX INDOLUX 


PILIH CAT TEMBOK, BULUX : INDOLUX SEKALI TEMPLOK LANGSUNG KERING. DENGAN HARGA TERJANGKAU, MEMBUAT KANTONG ANDA AMAN, NYAMAN, DAN TERKENDALI. 

Kami memulai usaha ini pada tahun 2005, ketika itu kami berusaha untuk membuat sebuah cat tembok yang kuat dalam hal warna dan tahan di segala cuaca apapun. Setelah 7 tahun membuat cat tembok dengan bahan sintetis saja, kami tidak puas karena warna dan ketahanannya hanya sampai 2 tahun saja, lalu muncul ide di benak kami untuk mencampurkan bahan sintetis dan alami untuk membuat warna yang kuat dan tahan di segala cuaca. Kami meminta beberapa ahli di bidangnya untuk meneliti campuran bahan sintetis dan alami yang dapat menghasilkan sebuah campuran yang dapat membuat warnanya kuat dan tahan di segala bentuk cuaca apapun. Setelah kurang lebih 3 tahun lamanya kami meneliti, akhirnya kami berhasil menemukan campuran yang pas untuk membuat cat tembok yang memiliki warna stylish dan futuristik serta tahan di segala cuaca apapun. Pada tahun 2007 dengan resmi kami memperkenalkan :
BULUX : INDOLUX, Sekali Templok Langsung Kering, 

CAT TEMBOK STYLISH NAN FUTURISTIK, ANTI LUMUT DAN JAMUR, SERTA TAHAN DI SEGALA CUACA APAPUN, KUAT HINGGA 5+ TAHUN, DIPRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI TERKINI, TELAH DIEKSPOR KE HAMPIR SELURUH NEGARA DI DUNIA DAN TELAH MENDAPATKAN SERTIFIKAT LOKAL DAN INTERNASIONAL , 7 TAHUN BERTURUT-TURUT MENDAPATKAN TOP BRAND OF THE YEAR DAN MENJADI THE KING PAINT OF THE WORLD.
      
Kelompok Peng.Tek. Internet dan New Media#
1. Bhaskara Rindra Cipta
2. Catur Triwibowo
3. Ilham Dwi Nugroho
4. Lodwik Leonard
5. M. Fakhri



Tidak ada komentar:

Posting Komentar